Sabtu, 28 Januari 2017

Epson Moverio BT-200: Kacamata Pintar dengan 3D


Sejak kemunculan kacamata pintar Google Glass, banyak sekali produsen perangkat teknologi yang mencoba bersaing di ranah wearable device. Siapa sangka, penantang baru yang harus diwaspadai oleh Google justru tidak datang dari produsen perangkat Android melainkan dari perusahaan pembuat printer, yakni Epson. Lewat produk bernama Moverio BT-200, Epson menawarkan kacamata pintar yang dapat memproyeksikan gambar 3 dimensi (3D).

Proyeksi gambar 3D pada Moverio BT-200 dimungkinkan berkat kehadiran dua proyektor mini beresolusi 960×540 pixel (qHD) yang ditanam pada gagang kacamata. Berbeda dengan Google Glass yang menggunakan kristal sebagai media untuk menampilkan gambar, Epson mengaplikasikan pendekatan kacamata tradisional yang memakai 2 lensa kacamata. Penggunaan lensa pada Moverio bertujuan agar pengguna tidak perlu banyak beradaptasi seperti saat menggunakan Google Glass.


Moverio BT-200 juga dilengkapi dengan kamera yang terletak tepat di antara lensa kacamata. Fungsi dari kamera tersebut ialah membuat foto dan video, serta menghadirkan sensasi AR (augmented reality) yang dilengkapi fitur Motion Tracking. Sebagai sebuah kacamata pintar, Moverio BT-200 juga dilengkapi dengan berbagai sensor pendukung kinerja, seperti gyroscope, kompas magnetik, dan akselerometer.

Sayangnya, untuk menghindari bentuk kacamata yang besar dan berat, Epson tidak meletakkan perangkat pengatur fungsi langsung pada Moverio BT-200. Tapi justru menyimpannya pada sebuah kontroler khusus yang harus selalu terhubung dengan kabel data. Dengan kontroler inilah pengguna dapat mengoperasikan berbagai fungsi Moverio BT-200. Kacamata dilengkapi pula dengan OS Android 4.0, microSD, Wi-Fi, Bluetooth, dan sebuah touchpad untuk kontrol dengan waktu pengoperasian hingga 6 jam.


Epson Moverio BT-200 rencananya akan dipasarkan secepatnya dengan harga sekitar Rp8,5 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar