Rabu, 29 April 2015

Softskill Tugas 4

Tujuan Interface User
Mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah system computer.


Antarmuka pengguna (user interface) merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.
Perbandingan Interface
Ada 4 point yaitu:

1. Content

   Merupakan salah satu yang sangat penting dan harus ada dalam sebuah website.Content adalah isi dan inti dari suatu website. Dapat dilihat diatas dimana content tersebut tidak jelas, maksudnya seseorang tidak akan tau / sulit untuk membedakan mana yang merupakan content dan yang bukan, seperti iklan, category, link, dsb.


2. Coloring

    Pewarnaan juga sangat mendukung dalam pengembangan sebuah website, dengan tujuan agar interface tidak membosankan, dengan warna yang slalu monton hitam putih. Sedangkan pewarnaan diatas kurang baik. Website diatas memang sudah menggunakan warna diluar hitam putih, namun sangat tidak sinkron, terlalu banyak warna-warna yang tidak match, tapi mungkin menurut si pembuat website tersebut itu menarik. Kalau bisa komentar sedikit, website ini bisa diibaratkan buku gambar yang dipakai untuk menggambar seorang anak-anak yang sedang belajar menggambar / mewarnai, jadi ya seperti itu hasilnya acak kadul.

3. Desain

    Ini lebih parah lagi, dimana tidak memiliki struktur desain yang baik. Lihat contoh diatas misalnya, seseorang yang berkunjung pasti akan tidak enak melihat desain website tersebut dan mungkin juga akan bingung.Tidak jelas dimana yang footer, header, sidebar dan contentnya. Selanjutnya gambar background yang acak-acakan yang sangat mengganggu pemandangan.

4. Text

    Untuk tulisan jelas kurang baik, terlalu banyak jenis font yang cukup mengganggu dan penempatan yang kurang baik karena tidak didukung oleh desain yang baik pula.
Sebaiknya dalam penggunaan font untuk sebuah website memakai font yang umum dipakai dan mudah dan enak dibaca semua orang, jangan cuma enak dilihat dari diri sendiri tapi orang tidak.

Tipe-tipe Antarmuka
Secara umum antarmuka dibagi menjadi 2 tipe yaitu CLI dan GUI.
    CLI (Command Line Interface)

     CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan barisbaris tertentu.

     Meskipun memiliki konsep yang sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.

    GUI (Graphics User Interface)

GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep wimp (window, icon, menu, pointing device). Sebuah sistem operasi dianggap bagus jika tampilan luarnya (GUI-nya) bagus, meskipun komponen sistem operasi tidak hanya GUI saja. Jadi, penilaian terhadap sebuah sistem operasi tidak bisa hanya dari satu komponen saja. Hal ini dikarenakan GUI adalah kesan pertama pengguna dengan sistem operasi itu. Setiap pengembang sistem operasi. berlomba-lomba mengembangkan GUI-nya dengan keunggulannya masing-masing.

Tipe-tipe Interaksi

  1. Direct adalah suatu operasi langsung dengan objek pada layar.
      Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash.
  2. Menu selection adalah suatu yang memilih perintah dari daftar yang disediakan.
  3. Command language adalah suatu penulisan perintah yang sudah ditentukan pada program.
  4. Natural language - perintah dengan bahasa alami: Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi manusia dan komputer
http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka dan interaksi
Buku Perpustakaan Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar