Senin, 30 Maret 2015

Softskill Tugas 2

Interaksi manusia dan komputer 

Definisi Komputer
    Apakah Anda pernah mendapat pertanyaan yang berkisar tentang apakah komputer itu?
coba anda renungkan dan mencoba untuk menjawabnya dan jangan kaget bila pertanyaan tersebut sulit untuk dijawab. Istilah komputer memiliki arti yang luas dan berbeda untuk orang yang berbeda istilah komputer diambil dari bahasa latin computare yang berarti menghitung (to compute / reckon).
    Disimpulkan komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah -langkah intruksi-intruksi program yg tersimpan dimemori. 


Prinsip-prinsip Usability

Prinsip Usability pada mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer adalah suatu masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna. Sistem akan bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem dapat termanfaatkan secara maksimal.
Didalam Prinsip Usability terdapat hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya Human Ability, Human capabilities, Memori, Problem Solving.

Human Ability
adalah suatu kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu yang dimilikinya. Memiliki 2 perbedaan yaitu:

HUMAN abilities BAIK

- Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
- Durasi LTM tidak terbatas dan komplex
- Kemampuan memahami tinggi
- Mekanisme konsentrasi powerful
- Pengenalan pola pikir powerful

HUMAN abilities BURUK

- Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
- Durasi STM terbatas
- Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat


Human capabilities

Pengertiannya hampir sama dengan Human Ability tetapi Human capabilities lebih mengarah ke anggota Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba) pada manusia itu sendiri.

- MATA (penglihatan)

Mata adalah mekanisme untuk menerima cahaya dan mentransformasikannya menjadi energi listrik. Penglihatan manusia merupakan hal yang kompleks dengan batasan fisik dan persepsi dan menjadi sumber utama informasi.

Konsep penglihatan pada manusia terdiri dari dua tahap yaitu

- Penerimaan stimulus dari luar secara fisik
- Pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut

- TELINGA (pendengaran)


Telinga adalah suatu panca indera yang digunakan untuk mendengar. Proses mendengat diawali dengan adanya getaran di udara atau dikenal sebagai gelombang suara. Telinga menerima gelombang ini dan mentransmisikannya ke system syaraf auditory melalui berbagai tahap.

Telinga terdiri dari tiga bagian yaitu:

- Telinga bagian luar (outer ear) yang merupakan bagian yang terlihat, terdiri dari dua bagian         yaitu pinna yang melekat pada kepala, dan auditory canal yang melewatkan gelombang suara ke telinga bagian tengah. Telinga bagian luar ini melindungi telinga bagian dalam yang sensitif terhadap kerusakan, kotoran, dan mempertahankan suhu yang konstan. Telinga bagian luar juga memperkuat gelombang suara (amplify) dari beberapa jenis suara.

- Telinga bagian tangah (middle ear) merupakan lubang kecil yang terdiri dari tulang terkecil   dalam tubuh manusia disebut ossicles dan terhubung dengan telinga bagian luar oleh sebuah gendang telinga yang disebut membrane tympanic dan dengan telinga bagian dalam oleh cochlea. Gelombang suara dilewatkan melalui melalui auditory canal dan menggetarkan gendang telinga dan akhirnya ke ossicles yang kemudian melewatkan getaran tersebut ke cochlea dan telinga bagian dalam.

- Telinga bagian dalam (inner ear) terdapat liquid-filled cochlea yang memiliki sel-sel rambut halus yang disebut Cilia yang merespon getaran dari telinga bagian tengah dan mentransmisikan reaksi kimia ke syaraf auditory (pendengaran)

Suara memiliki beberapa karakteristik, yaitu:

- Pitch: frekuensi suara (20 - 20.000 HZ)
- Loudness: amplitudo suara (30 - 100dB)
- Timbre: tipe atau jenis suara

Telinga manusia dapat mendengar frekuensi 20 Hz sampai 15 KHz.

- PERABA (Touch)

Peraba (touch / haptic perception) memungkinkan kita memperoleh informasi tentang lingkungan sekitar kita. Dari perabaan, kita dapat mengetahui apakah sesuatu itu panas atau dingin.

Kulit memiliki tiga jenis sensor penerima (sensory receptor), yaitu:

- Thermoceptor yang merespon panas / dingin
- Nociceptor yang merespon pada tekanan yang intens, rasa sakit
- Mechanoceptor yang   merespon pada tekanan.

Mechanoceptor terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan responnya terhaap perbedaan tekanan, yaitu:

- Rapidly adapting mechanoceptor merespon pada tekanan yang diberikan dengan cepat.

- Slowly adapting mechanoceptor merespon pada tekanan yang diberikan secara kontinyu.

Meskipun seluruh tubuh manusia memiliki receptor, namun pada beberapa bagian memiliki sensitivitas yang lebih dibandingkan yang lain.
Aspek lain dari indera perabaan adalah kinesthesis, yaitu kesadaran terhadap posisi tubuh dan alat gerak yang bergantung pada jumlah receptor pada persendian.

Ada tiga jenis kinesthesis, yaitu:

- Rapidly adapting yang merespon saat alat gerak bergerak kea rah tertentu

- Slowly adapting yang merespon gerakan dan posisi statis, dan

- Positional receptor yang hanya merespon pada kondisi statis.
Memori

Sebagian besar aktivitas manusia bergantung pada memori. Selain menyimpan paengetahuan faktual, memori manusia juha menyimpan pengetahuan procedural.pengetahuan tersebut melakukan aktivitas secara berulang, menggunakan bahasa, menggunakan informasi yang kita terima dari indera, serta memberikan identitas pada manusia dengan menyimpan informasi tentang pengalaman masa lalu.

Ada tiga jenis memori atau fungsi memori:

- Memori Sensor
- Memori Jangka Pendek (STM)
- Memori Jangka Panjang (LTM)
- MEMORI SENSOR

Memori sensor bekerja sebagai buffer yang menampung masukan yang diterima dari panca indera manusia.memori sensor terdiri dari:

- Memori iconic untuk indera visual
- Memori echoic untuk indera aural / auditory, dan
- Memori haptic untuk indera peraba.

MEMORI JANGKA PENDEK (STM)

Memori jangka pendek atau disebut sebagai memori kerja mentimpan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang singkat / sementara pada saat kita sedang melakukan suatu pekerjaan.

Memori jangka pendek dapat diakses dengan cepat, namun berkurang secara cepat pula. Memori ini juga memiliki kapasitas yang terbatas. Ada dua metode yang dapat digunakan untuk mengukur kapasitas memori jangka pendek:

- Berdasarkan panjang suatu deret (sequence) yang dapat diingat secara terurut

- Berdasarkan kemampuan mengingat kembali item-item secara acak.

MEMORI JANGKA PANJANG (LTM)

Memori jangka panjang merupakan sumber daya penyimpanan utama yang menyimpan informasi faktual, pengetahuan berdasarkan eksperimen / pengalaman, aturan-aturan prosedur tingkah laku, dan sebagainya atau bisa dikatakan menyimpan semu hal yang kita ketahui. Kapasitasnya lebih besar, waktu akses yang lebih lambat, serta proses hilangnya informasi lebih lambat. Ada dua jenis memori jangka panjang:

- Memori episodic, menggambarkan karakteristik memori yang menyimpan "data" kejadian atau pengalaman dalam bentuk serial menurut waktu

- Memori semantic adalah bentuk memori yang menyimpan record-rekord fakta, konsep, keahlian (skill).

Ada tiga jenis aktivitas yang dilakukan oleh memori jangka pnjang:

- Menyimpan atau mengingat informasi
- Menghilangkan atau melupakan informasi
- Memanggil kembali informasi.

Proses melupakan informasi terdiri dari dua bentuk, yaitu:

- Decay adalah proses melupakan informasi karena informasi tersebut sudah lama berada di long-term memory sehingga lambat laun akan terlupakan.

- Interference disebabkan karena adanya informasi baru yang dapat mengakibatkan informasi yang lama terlupakan.

Proses memanggil kembali informasi yang ada di long-term memory terdiri dari dua bentuk, yaitu:

- Ingat adalah memanggil kembali secara langsung informasi yang ada di long-term memory

- Recognition, informasi didapatkan   dengan presentasi sejumlah pengetahuan (knowledge) yang terkait sebagai petunjuk.

PROBLEM SOLVING

Jika penalaran merupakan mekanisme untuk menarik kesimpulan atau informasi baru dari hal yang sudah diketahui, maka solusi masalah merupakan proses menemukan solusi suatu tugas dengan menggunakan pengetahuan yang dimiliki. Solusi masalah pada manusia dikarakteristikkan oleh kemampuan mengadaptasikan informasi dengan situasi yang baru. Ada beberapa pandangan tentang cara manusia menyelesaikan masalah. Gestalt memandang bahwa proses pemecahan masalah melibatka penggunaan pengetahuan dan proses mantal (insight). Teori problem space melihat bahwa pikiran manusia adalah proses informasi yang terbatas.

- UCD (User Centered Design)

UCD (User Centered Design) merupakan paradigma baru dalam pengembangan sistem berbasis web. Perencanaan berbasis pengguna (User Centered design = User Centered Design = UCD) adalah istilah yang yang digunakan untuk untuk menggambarkan filosofi perancangan. Konsep dari UCD adalah user sebagai pusat dari proses pengembangan sistem, dan tujuan / sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari pengalaman pengguna.

UCD adalah tentang partisipasi dan pengalaman manusia dalam proses perencanaan. Pengguna adalah orang yang akan menggunakan sistem. Pengguna langsung biasa disebut pengguna akhir (end user) yang menggunakan sistem untuk menyelesaikan pekerjaannya. Pengguna tidak langsung adalah pengguna yang menggunakan sistem untuk penggunaan yang lain seperti system administrators, Installers, dan demonstrators.




Rancangan Sistem Pameran Online menggunakan Metode UCD, Armadyah Amborowati, S.Kom
STMIK AMIKOM Yogyakarta
Kemampuan Manusia Yang Baik Versus Yang Buruk!
           1. HUMAN abilities BAIK
                     - Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
                     - Durasi LTM tidak terbatas dan complex
                     - Kemampuan memahami tinggi
                     - Mekanisme konsentrasi powerful
                     - Pengenalan pola pikir powerful

           2. HUMAN abilities BURUK
-                    - Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
                     - Durasi STM terbatas
                     - Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
                     - Proses yang cenderung salah
                     - Proses yang lambat
User Centered Design (UCD)

UCD (User Centered Design) adalah filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari proses pengembangan sistem. Pendekatan UCD telah didukung berbagai teknik, metoda, tools, procedur, dan proses yang membantu perancangan sistem interaktif yang lebih berpusat pada pengguna. Sasaran UCD adalah lebih dari sekedar membuat produk yang berguna. UCD merupakan paradigma baru dalam pengembangan sistem berbasis web. Perencanaan berbasis pengguna (User Centered design = User Centered Design = UCD) adalah istilah yang digunakan untuk untuk menggambarkan filosofi perancangan. Konsep dari UCD adalah user sebagai pusat dari proses pengembangan sistem, dan tujuan / sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari pengalaman pengguna.

Proses pada UCD merupakan proses yang berulang (iterative), dimana tahap desain dan evaluasi dibangun dari tahap awal proyek hingga tahap implementasi.
 
1.        Memahami dan menentukan konteks pengguna
-           Karakteristik pengguna yang diharapkan.
- Pekerjaan yang dilakukan pengguna.          
-           Pemecahan secara hirarki atas pekerjaan global.
-           Tujuan global penggunaan sistem untuk setiap kategori pengguna, termasuk karakteristik tugas yang mungkin menggangu penggunaan dalam scenario khusus, seperti frekuensi dan lama kinerja.
-           Deskripsi harus mencakup alokasi aktifitas dan langkah operasional antara manusia dan sumber daya teknologi.
-           Pahami lingkungan tempat pengguna akan menggunakan system.
-           Sangat penting awal langkah untuk menentukan kebutuhan sistem minimal dan optimal dengan memperhatikan.
2.        Menentukan kebutuhan pengguna dan Organisasi, dalam UCD penting untuk memperluas aktivitas kebutuhan fungsional sistem dengan membuat pernyataan eksplisit kebutuhan pengguna dan organisasi, dalam hubungannya dengan konteks diskripsi penggunaan dalam hal:
-           Kualitas perancangan interaksi manusia dan komputer serta workstation.
-           Kualitas dan isi tugas pengguna (termasuk alokasi tugas diantara kategori penguna yang berbeda).
-           Kinerja tugas yang efektif khususnya dalam hal transparasi aplikasi ke pengguna.
-           Kerjasama dan komunikasi yang efektif diantara pengguna dan pikah ketiga yang relevan.
-           Dibutuhkan kinerja sistem baru terhadap tujuan finansial.
3.        Solusi perencanaan yang dihasilkan
-           Dengan memgunakan pengetahuan yang ada untuk mengembangkan suatu proposal solusi perencanaan.
-           Membuat solusi perancangan lebih konkrit (dengan simulasi, prototipe, dll).
-           Memperlihatkan prototipe ke pengguna dan mengamatinya saat melakukan tugas spesifik, dengan atau tanpa bantuan evaluatur.
-           Menggunakan umpan balik untuk perbaikan rencana.
-           Mengulang proses ini sampai tujuan perancangan dipenuhi.
4.        Evaluasi Perencanaan terhadap kebutuhan pengguna
-           Formative: menyediakan Umpanbalik yang dapat digunakan untuk memperbaiki rencana.
-           Summative: melakukan penilaian apakah tujuan pengguna dan organisasi telah tercapai.

Kapasitas manusia
Human capabilities atau kapasitas manusia, pengertiannya hampir sama dengan Human Ability tetapi Human capabilities lebih mengarah ke anggota Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba) pada manusia itu sendiri.
1.        MATA (penglihatan), mata adalah mekanisme untuk menerima cahaya dan mentransformasikannya menjadi energi listrik. Penglihatan manusia merupakan hal yang kompleks dengan batasan fisik dan persepsi dan menjadi sumber utama informasi. Konsep penglihatan pada manusia terdiri dari dua tahap yaitu
-           Penerimaan stimulus dari luar secara fisik.
-           Pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut.
2.        TELINGA (pendengaran), telinga adalah suatu panca indera yang digunakan untuk mendengar. Proses mendengar diawali dengan adanya getaran di udara atau dikenal sebagai gelombang suara. Telinga menerima gelombang ini dan mentransmisikannya ke system syaraf auditory melalui berbagai tahap. Telinga manusia dapat mendengar frekuensi 20 Hz sampai 15 KHz.
3.        peraba (touch / haptic perception) memungkinkan kita memperoleh informasi tentang lingkungan sekitar kita. Dari perabaan, kita dapat mengetahui apakah sesuatu itu panas atau dingin. Kulit memiliki tiga jenis sensor penerima (sensory receptor), yaitu
-           Thermoceptor yang merespon panas / dingin.
-           Nociceptor yang merespon pada tekanan yang intens, rasa sakit.
-           Mechanoceptor yang   merespon pada tekanan.
Mechanoceptor terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan responnya terhaap perbedaan tekanan, yaitu:
·             rapidly adapting mechanoceptor merespon pada tekanan yang diberikan dengan cepat.
·             Slowly adapting mechanoceptor merespon pada tekanan yang diberikan secara kontinyu.
Meskipun seluruh tubuh manusia memiliki receptor, namun pada beberapa bagian    memiliki sensitivitas yang lebih dibandingkan yang lain. Aspek lain dari indera perabaan     adalah kinesthesis, yaitu kesadaran terhadap posisi tubuh dan alat gerak yang bergantung    pada jumlah receptor pada persendian. Ada tiga jenis kinesthesis, yaitu:
Rapidly adapting yang merespon saat alat gerak bergerak kea rah tertentu.
 Slowly adapting yang merespon gerakan dan posisi statis, dan.
Positional receptor yang hanya merespon pada kondisi statis.

Referensi:

Sumber: Buku Interaksi Manusia dan Komputer




Tidak ada komentar:

Posting Komentar